Hukuman Tanda Sayang...


Hukuman sama dengan sanksi, hanya beda penulisan saja. Hukuman ataupun sanksi adalah 2 kata berbeda dengan makna yang sama. Hukuman ini menjadikan orang untuk berbuat lebih baik. Disaat seseorang melakukan sebuah kesalahan, maka dia akan mendapat hukuman. Dikala dia berbuat salah tapi dia tidak mendapat hukuman, maka tidak ada jera untuknya. Dia akan beranggapan "Kalau yang pertama berhasil, mari kita coba lagi". Ironis memang, tapi inilah kenyataannya.

Terkadang sebuah hukuman terasa sangat memberatkan, membuat kita emosi, bahkan bisa jadi membuat kita membenci orang yang memberikan hukuman pada kita. Namun, pada dasarnya hukuman ini adalah untuk menjadikan kita lebih baik. Ketika seorang guru memberikan hukuman pada muridnya, itu menunjukkan bahwa guru itu sayang kepadanya. Memang sih kedengarannya sedikit aneh, tapi selama ini itulah kenyataannya. Dengan sang guru memberikan murid itu sebuah hukuman, dalam arti yang tersirat guru itu sudah memberikan perhatian lebih kepada murid tersebut.

Nah, oleh karena itu. Alangkah lebih baiknya jika kita mendapatkan sebuah hukuman, marilah kita menjadikan hukuman itu menjadi sebuah acuan kesalahan untuk menjadikan kita lebih baik dalam melangkah kedepan. Jangan pernah menyesali perbuatan yang telah kita lakukan, tapi syukirilah perbuatan yang telah kita lakukan. ^_^

Posting Komentar

0 Komentar