Cara membuat OTP Whatsapp

Cara membuat OTP Whatsapp untuk Aplikasi Web

oleh Fitrah Izul Falaq


Cara Membuat OTP Whatsapp untuk Aplikasi WEB

Whatsapp merupakan salah satu aplikasi chatting yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Setelah diakusisi oleh Facebook tahun 2014, whatsapp mampu menggaet 83 persen dari 171 juta pengguna aktif internet di Indonesia. Uniknya, aplikasi Whatsapp tidak sekedar digunakan sebagai media komunikasi, melainkan juga untuk pembelajaran, bisnis, bahkan layanan verifikasi dua langkah banyak aplikasi. 

Benar memang jika dikatakan bahwa tak sedikit platform bisnis yang menggunakan layanan WA untuk memvalidasi nomor HP. Berbeda dengan SMS yang mengharuskan membayar setiap pesannya, WA memberikan kebebasan penggunanya untuk mengirimkan pesan tanpa ada batasan jumlah. Faktor inilah yang sering kali menjadi pertimbangan utama pengembangan sistem OTP menggunakan WA. Perlu diketahui bahwa OTP (One Time Password), yaitu kode verifikasi atau kata sandi yang bersifat rahasia, sekali pakai, dan terdiri dari beberapa digit karakter unik. Penggunaan OTP digunakan untuk melakukan verifikasi 2 langkah, umumnya saat proses login, pendaftaran, hingga lupa password.

Meskipun demikian, Whatsapp hingga detik ini tidak memberikan akses secara bebas terhadap layanan API yang memungkinkan untuk mengirimkan pesan secara masal tanpa harus membuka aplikasi android atau webnya. Satu-satunya cara resmi untuk mendapatkan layanan API WA tersebut dengan menjadi mitra Whatsapp yang bisa didaftarkan melalui laman https://business.whatsapp.com/. Tentu, layanan resmi pasti membutuhkan biaya tidak murah.

Lantas, apakah tidak ada cara lain?

Tentunya ada dong. Langkah paling sederhana yang bisa diterapkan yaitu menggunakan layanan pihak ketiga (developers). Pihak ketiga ini juga ada yang official ataupun tidak, lho. Saat ini, sudah banyak layanan WA Server yang menyediakan API pengiriman pesan, sobat hanya perlu menyesuaikan dengan project yang sedang dikerjakan. Dalam artikel ini, saya akan membagikan layanan yang cukup ekonomis untuk sarana ujioba dan projek skala menengah teman-teman sekalian. Meskipun bukan official, tetap pada prinsipnya: teknologi berharga bukan karena harganya, tapi nilai kebermanfaatannya, ya kan

Catatan ini saya buat sebagai dokumentasi saat menerapkannya layanan lupa password dan notifikasi pembayaran pada platform Member Pustaka Guru Indonesia dan Aplikasi Logbook UPT Pelatihan Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur yang saya kelola. Sebenarnya, penggunaan OTP ini pernah digunakan untuk mengembangkan aplikasi SiJawara+ UPTKUKMJATIM. Namun, layanan ini berhenti pada tahun 2022 karena biaya maintenance yang sangat besar. Berdasarkan itulah akhirnya saya melakukan implementasi OTP dengan harga yang lebih ekonomis.

Sekali lagi, bukan karena harganya, tapi fungsi dan kebutuhannya.

TIPS MEMBUAT OTP WA UNTUK APLIKASI WEB

Kegunaan

  1. Mengirimkan nomor OTP yang digenerate oleh sistem kita
  2. Mengirimkan pesan notifikasi
  3. Mengirimkan pesan otomatis 

Kebutuhan

  1. API Whatsapp Server (Saya menggunakan Watsap.id)
  2. Nomor WA untuk Notifikasi
  3. File request POST untuk mengirim pesan

Prosedur

  1. Konekkan dengan server WA
  2. Buat form kebutuhan untuk Request
  3. Jalankan request POST


LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT OTP WA

  1. Pertama, pilih layanan WA Server yang sobat kehendaki.
    Note: Pilih sesuai prioritas. Saat ini saya menggunakan layanan Watsap.id. Alasannya, selain murah, konfigurasi dan dokumentasinya cukup lengkap. Hanya saja, saat saya menggunakan ini sering maintenance. Jadi, tidak direkomendasikan untuk project besar yang membutuhkan fitur WA sangat banyak ya.
  2. Koneksikan WA dengan server layanan sobat.
  3. Baca dokumentasi. Setiap platform memiliki dokumentasi yang berbeda beda.
  4. Kopi-paste kode dokumentasi (biasanya menggunakan bahasa php). Sesuain parameter sesuai dengan kebutuhan.
  5. Simpan file kedalam server kamu.
  6. Jalankan scriptnya. 


Sampai jumpa di catatan berikutnya.

Posting Komentar

0 Komentar