Javanese Script : Sebuah Kode Kehidupan Penuh Makna

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Senang kali ini masih mampu mengasah pikiran, menyalurkan aspirasi dan pengetahuan tanpa ada halangan yang begitu menyiksa. Kali ini admin Probolinggo Cyberspace ingin berbagi tentang sebuah kode kehidupan yang sebenarnya tidak begitu kita perhatikan sebelumnya.

Kode ini adalah salah satu kode yang unik dan merupakan sebuah warisan budaya. Sebuah kebanggaan tersendiri dapat mempelajari kode ini, walaupun masih ada banyak kode-kode asing diluar sana. Ironisnya, pemuda saat ini tidak mengenal kode ini, sebuah keadaan penuh distorsi menyelimuti kaum muda saat ini. "Budaya asli ditinggalkan budaya orang menjadi kebanggaan, dan ketika budaya telah diambil orang disaat itulah mereka gerang".

Sumber : Aksara Jawa Script Kehidupan Sejatinya
Aksara jawa itulah nama kode ini, sebuah kode yang sering kita dengar tapi tidak jarang kita tinggalkan. Padahal setelah di pelajari lebih lanjut ternyata kode ini juga mempunyai makna yang tersirat. Makna tersirat yang dapat diungkapkan dalam bahasa jawa, diantaranya :
Ha ~ Huripku Cahyaning Allah

Na ~ Nur Hurip cahya wewayangan

Ca ~ Cipta rasa karsa kwasa

Ra ~ Rasa kwasa tetunggaling pangreh

Ka ~ Karsa kwasa kang tanpa karsa lan niat

Da ~ Dumadi kang kinarti

Ta ~ Tetep jumeneng ing dat kang tanpa niat

Sa ~ Sipat hana kang tanpa wiwit

Wa ~ Wujud hana tan kena kinira

La ~ Lali eling wewatesane

Pa ~ Papan kang tanpa kiblat

Dha ~ Dhuwur wekasane endhek wiwitane

Ja ~ Jumbuhing kawula lan Gusti

Ya ~ Yen rumangsa tanpa karsa

Nya ~ Nyata tanpa mata ngerti tanpa diwuruki

Ma ~ Mati bisa bali

Ga ~ Guru Sejati kang muruki

Ba ~ Bayu Sejati kang andalani

Tha ~ Thukul saka niat

Nga ~ Ngracut busananing manungsa
Tak pernah kita sangka sebelumnya bukan ?, cucuran air mata terlinang disaat banyak dari pemuda kita tidak mengenal kode "script" ini. Apakah ini balasan kita terhadap leluhur terdahulu?, yang telah berjuang melawan kejamnya penjajah dan meninggalkan sebuah sejarah penuh makna. Aksara Jawa (Javanese Script), kode kehidupan penuh makna.

Seburuk-buruknya bangsa adalah bangsa tidak pernah menghargai budaya dan jasa leluhur walaupun kecerdasan menyelimutinya. Kode Aksara Jawa? Benar, benar, dan benar. Lanjutkan Kawan !

Posting Komentar

0 Komentar