Jenis Sampah

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Salam sejahtera untuk kita semua. Marilah kita untuk senantiasa bersyukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah S.W.T kepada kita semua.

Dalam kesempatan kali ini, saya akan berbagi sedikit tentang adiwiyata dasar. Yaitu tentang pembagian sampah. Memang sih materi ini adalah materi yang terbilang sangat mudah. Namun, selama ini kenyataan berkata lain. Masih banyak diantara kita yang masih salah dalam memilah, atau mengelompokan sampah. Biar kita tak salah lagi, mari kita simak beberapa jenis sampah dibawah ini:

  • Sampah Organik (Sampah basah)
Sampah organik sering kita sebut dengan sampah basah. Tapi basah disini bukan dalam makna yang sesungguhnya. Namun basah disini adalah ungkapan saja. Makna sesungguhnya dari sampah organik ini adalah sampah yang dapat terurai oleh alam. Misalnya saja: dedaunan, sisa sayuran, dsb. Jadi, walaupun daun itu kering, daun itu mesti kita masukkan ke tempat sampah organik karena sampah ini masih bisa terurai oleh alam.
  • Sampah Anorganik (Sampah kering)
Sampah anorganik adalah sampah yang tidak dapat terurai oleh alam. Misalnya saja seperti kertas, besi, plastik, dsb. Dalam jaman globalisasi seperti saat ini, sampah anornganik biasanya terbuat oleh gabungan bahan kimia. Kita sebut saja seperti handphone, limbah plastik, mainan plastik, dsb. Sampah anorganik ini juga termasuk sampah yang sangat berbahaya dan wajib bagi kita untuk membungnya ke tempat sampah. Karena apa? karena untuk menguraikan jenis sampah ini membutuhkan waktu yang lama dan proses yang tak mudah.
Kalau kita sudah tahu jenis-jenis sampah. Tinggallah aksi kita, mari kita untuk lestarikan lingkungan ini. Buanglah sampah pada tempatnya, kalau bukan anda ya siapa lagi? ^_^

Posting Komentar

0 Komentar