IP Webcame - Membuat CCTV dari Kamera Android

Membuat CCTV dari Kamera Andorid - Sebenarnya, tutorial kali ini terinspirasi dari praktikum pembelajaran kerja proyek di sekolahku. Kebetulan sekali, pada proyek tersebut ada salah satu tim lain yang kebagian proyek dengan judul "Membangun Warnet dengan Kamera CCTV". 

Sayangnya, kamera yang digunakan adalah IP Camera (Kamera khusus dengan fitur pengkonfigurasian melalui alamat IP). Nah, dari sanalah aku penasaran untuk mencoba mengganti IP Camera tersebut dengan kamera android.

Sebenarnya tutorial ini banyak sekali di internet, jadi aku cuma mau berbabagi bagaimana cara pembuatannya dan manfatnya bila kita menerapkan tutorial ini.

Tahap Installasi
  • Di HP android kita install aplikasi yang bernama IP Webcam. Bisa di dapat di playstore.
Tampilan IP Webcam di Playstore
  • Setelah aplikasi terinstall di android, kita tinggal menjalankannya. Dibagian bawah, kita tekan Start Server
 
  • Setelah itu akan muncul IP di Andorid yang dijadikan kamera. IP inilah yang nantinya akan digunakan untuk melihat hasil rekaman.
  • Perlu diketahui bahwa hasil rekaman tidak hanya bisa ditampilkan di laptop, melainkan juga di HP Andorid lain, karena penggunaan IP Webcam ini berbabasi browser, jadi kita bisa lihat hasil rekaman selama ada browser yang mendukung.
 

Manfaat
  • Buat sekedar iseng-iseng. Gunakanlah secara bijak, jangan kemudian kita gunakan fasilitas ini untuk tindak kejahatan, misal kita taruh kamera di kamar mandi, kamar ganti, dsb.
  • Nah, buat yang lain juga harap waspada. Teruma ditempat-tempat yang rentan sekali kejahatan. Bisa jadi kita melihat tidak ada orang tapi ada yang merekam aktifitas kita.
  • Yang berpergian jauh disarankan menginstall aplikasi ini, karena aplikasi ini tidak hanya bisa digunakan di wiliyah dengan radius kecil, di seluruh duniapun kita bisa lakukan dengan menggunakan IP Publik.

Nah, begitulah teman-teman sedikit tentang IP Webcam ini. Ini rahasia, sebenarnya fasilitas ini akan saya gunakan dalam proses pembuatan film. Sehingga akan mempermudah saya dalam melakukan proses penyutradaraan hehehe. SemangART!

Posting Komentar

0 Komentar